Ganti Judul dan ALt sendiri

Lodho Sego Gurih Khas Trenggalek

Haiii gaisss… sepertinya pembaca blogku ini banyak yang berasal dari luar Trenggalek ya, jadi kali ini aku pengen kenalin ke kalian makanan khas dari tanah kelahiranku itu. Makanan yang menurutku adalah makanan paling enak di dunia numero uno best best best best tak tergantikan oleh makanan semahal apapun. Hehew…Aku tidak bercanda gaisss, karena memang makanan ini sangat enak pooooool. Lalu apakah makanan yang ku maksud itu? Yap betuuuul…. Lodho Sego Gurih Khas Trenggalek.

Sebenarnya lodho itu memang menjadi suatu makanan khas di wilayah Trenggalek, Tulungagung an ya gaisss. Tapi kali ini aku ingin membawanya ke lodho Trenggalek an. Aku ingin bercerita kepada kalian se menggoda apasih lodho sego gurih khas Trenggalek ini.

Lodho

Lodho Sego Gurih Khas Trenggalek
Source: https://pin.it/5jMQdm2

Lodho adalah suatu nama makanan atau masakan yang berbahan dasar ayam. Secara sekilas memang lodho itu terlihat seperti opor ayam ya gaisss ya, tetapi sesungguhnya beda jauh. Walaupun lodho ada dan cukup dikenal juga di daerah lain di sekitaran Trenggalek atau bahkan seputaran Jawa Timur, namun lodho di Trenggalek ini rasanya cukup khas ya gais.

Memang biasanya beda daerah cenderung beda rasa, itu mungkin yang menjadi pembeda. Sehingga rasa lodho di Tulungagung dan Trenggalek yang hitungannya secara jarak sama-sama dekat bisa saja rasanya akan berbeda.

Lodho biasanya menggunakan ayam kampung. Walaupun sekarang juga sudah sangat banyak yang membuat lodho menggunakan ayam broiler, namun lodho ayam kampung tetap menjadi idola.

Lodho ayam kampung terasa lebih padat dagingnya, lebih gurih, dan juga lebih mengeluarkan aroma yang menggugah selera. Apalagi ayam kampungnya ayam kampung organik yang benar-benar dipelihara secara bebas dan tidak mendapatkan suntikan bahan kimia apapun dalam proses pertumbuhannya. Beuuuhhh rasanya sungguh mantul tul tul tu tul gaissss…

Lodho di daerah Trenggalek erat kaitannya dengan peringatan-peringatan hari besar atau acara adat masyarakat sekitar. Biasanya untuk acara slametan atau kenduri, acara syukuran, acara makan bersama di hari raya, dan sebagainya. Lodho adalah makanan khas yang tidak ada matinya dan harus ada hampir di setiap acara.

Bahkan, acara lamaran dan nikahan pun juga pasti ada lodhonya. Acara reuni, acara temu kangen, dan sebagainya. Pokoknya segala acara seringkali pasti ada lodhonya.

Rasa lodho ayam khas Trenggalek itu cenderung gurih dan pedas. Rasa rempahnya kaya banget tetapi tidak membuat eneg. Yang membuat lodho terasa khas bahwa itu lodho adalah aromanya yang sedikit ada gosong-gosongnya, khas ayam yang dipanggang.
 
Lodho Trenggalek
Source: https://pin.it/5PwfDmh

Ditambah setelah di panggang lodhonya dimasak menggunakan santan kental sampai empuk dan lumerrrr. Rasa gurih, pedas dari bumbu dan kuah santan dengan daging ayam yang lumer dan bumbunya yang sudah meresap serta ada aroma panggangnya membuat lodho menjadi makanan yang rasanya luar biasa enak. MasyaAllah gaissss… Ngilerrrrr aku nulisnya.

Memasak lodho ini sebenarnya juga tangan-tanganan ya gaisss. Tidak semua orang Trenggalek bisa memasak lodho dengan cara yang medok atau pakem dan bumbunya bisa tetap terasa khas Trenggalek banget. Biasanya yang bisa masak dengan rasa yang pakem begini adalah para pakar lodho yang memang sudah jago masak.

Dari mulai memilih jenis ayam, cara membelah ayam, menggapit ayam, memanggang ayam, jenis bumbu, cara memasukkan bumbu, cara merebus ayam dengan bumbu dan santan itu sudah mempengaruhi hasil akhir dari rasa lodho itu gaisss.

Lodho yang enak adalah lodho ayam kampung yang ayamnya tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua ya gaisss. Kalau ayamnya terlalu muda dagingnya akan cepat hancur dan menurut ku kadang kurang gurih, sedangkan ayam yang terlalu tua dagingnya akan alot.

Lodho yang dipanggang dan dimasak dengan menggunakan pawonan dan kompor pun hasilnya juga akan sangat berbeda. Jadi lodho yang paling enak itu menurutku adalah lodho yang dipanggang dan diasapi dengan arang di atas pawonan atau tungku tanah liat, dan direbus atau dimasak menggunakan kayu bakar.

Aroma dan rasa akan berbeda dengan lodho yang dipanggang dengan api dari kompor atau alat lain. Hasil kematangan pun juga beda. Lodho yang dipanggang dengan api matangnya tidak merata, seringnya luarnya sudah gosong tetapi dalamnya belum tanak. Sedangkan lodho yang dipanggang dan diasapi dengan arang aroma gurihnya lebih keluar dan matangnya merata.

Cara memasak lodho adalah dengan membelah ayam utuh di bagian dada. Lalu direntangkan, kemudian digapit atau dijepit menggunakan potongan bambu. Setelah itu lodho dipanggang dan diasapi di atas tungku tanah liat atau orang Trenggalek menyebutnya pawonan. Setelah matang baru lodho direbus menggunakan santan dan bumbu lainnya hingga matang sempurna.

Bumbu pakem lodho biasanya adalah bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting atau boleh juga menggunakan cabe merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk. Bumbu lainnya seperti merica, ketumbar, dan kencur itu opsional, boleh ditambahkan boleh tidak, tergantung selera. Intinya lodho adalah masakan yang kaya rempah.

Lodho biasanya disajikan dengan sego gurih atau nasi uduk dan urap.

Sego Gurih

Nasih gurih lodho
Source: https://pin.it/7E1z56H

Sego gurih adalah nama lain dari nasi uduk tetapi menurut ku rasanya beda dengan nasi uduk. Soalnya aku belum pernah nemu rasa nasi uduk yang seenak sego gurih hasil masakannya orang asli Trenggalek. Nasinya beneran gurih dan pulen, serta menul-menul sekali. Pokoknya beda dari nasi uduk yang biasanya aku makan di luar Trenggalek.

Bahan dasar sego gurih adalah beras biasa, santan, garam, daun salam dan pandan. Sego gurih yang enak adalah sego gurih yang dimasak di tungku tanah liat dengan kayu bakar dan disajikan dengan dialasi daun pisang.

Urap-urap

Lodho sego gurih urap
Source: https://pin.it/5yixkNa

Urap-urap adalah sayuran yang dicampur dengan parutan kelapa muda yang dibumbui dan dikukus.

Sayuran yang kerap digunakan di Trenggalek sebagai bahan urap adalah kacang panjang, kecambah kacang hijau, daun kenikir dan sawi.

Urap menyempurnakan rasa sajian lodho dan nasi gurih. Perpaduan dari ketiganya menghasilkan rasa yang memanjakan lidah.

Tempat Membeli Lodho Sego Gurih Khas Trenggalek

Bagi kalian yang ngiler dengan rasa lodho, kalian wajib mampir ke Trenggalek. Di Trenggalek ada banyak penjual lodho yang rasanya mantul-mantul. Walaupun yang terkenal adalah lodho pak Yusuf tapi menurut ku lodho yang enak tetap lodho-lodho rumahan.

Sebenarnya di berbagai daerah juga banyak yang menjual lodho khas Trenggalek. Tapi percayalah rasanya akan tetap enak jika kalian merasakannya langsung di wilayah aslinya. Hehe

Kalau rekomendasiku adalah Lodho Pak Kamid. Beralamatkan di Desa Krandon, Kerjo, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Disana lodho hampir tersedia setiap hari dan rasanya mantaaaap. Kalian juga bisa pesan lengkap lodho sego gurih khas Trenggalek. Untuk yang tidak suka manis bisa request urapnya pakai sedikit gula, karena disana urapnya cenderung manis.

Kalian bisa search di google map dengan kata kunci "Lodho Pak Kamid". Kalau kalian sedang main ke Trenggalek atau lewat Trenggalek kalian bisa mampir. Ada lodho frozen yang selalu ready atau request lodho baru (selama persediaan ayam masih ada) dan bisa kalian tunggu atau kalian bisa memesannya terlebih dahulu melalui WA kemudian kalian ambil. Bisa dibawa ke luar kota serta masih aman atau tidak basi ketika kalian di perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

2 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan Bundbund bisa bermanfaat untuk kalian.
Bundbund tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar ya temans
  1. Jadi pingin main ke rumah nenek dan icip lodho khas trenggalek. Mayan deket sebenarnya dari lodho pak kamid. Hanya aja aku yg jarang ke mana2 kalo di rumah nenek,jadi g update

    BalasHapus
  2. Salah satu masakan yang saya ga mau bikin saking rumitnya memahami cita rasanya, udah kebayang gagalnya haha, padahal suka banget. Pertama kali makan lodho pas di Tulungagung saat KKN, urapnya daun kates tapi. Beruntung saya bisa makan lodho setahun sekali karena kakak ipar orang TA pas lebaran selalu bawa lodho. Nah ni jadi penasaran sama lodho Trenggalek

    BalasHapus